Stasiun Kebayoran
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stasiun Kebayoran | ||||||||||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Stasiun Kebayoran
|
||||||||||||||||||||||||||
Letak | ||||||||||||||||||||||||||
Provinsi | Jakarta | |||||||||||||||||||||||||
Kota | Jakarta Selatan | |||||||||||||||||||||||||
Kecamatan | Kebayoran Lama | |||||||||||||||||||||||||
Sejarah | ||||||||||||||||||||||||||
Informasi lain | ||||||||||||||||||||||||||
Operator | Daerah Operasi I Jakarta | |||||||||||||||||||||||||
Singkatan stasiun | KBY | |||||||||||||||||||||||||
Ketinggian | + 4,20 m | |||||||||||||||||||||||||
Layanan | KRL Jabotabek,Langsam, Rangkas Jaya | |||||||||||||||||||||||||
Operasi | ||||||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||||
Tata letak stasiun |
Stasiun Kebayoran (KBY) atau lebih dikenal sebagai Stasiun Kebayoran Lama merupakan stasiun kereta api yang terletak di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Stasiun ini berada di Jalur kereta api Tanahabang-Merak, selain itu KRL Jabodetabek juga melayani rute Jakarta - Serpong/Parung Panjang. Stasiun ini mempunyai 3 jalur.
Saat ini Stasiun Kebayoran sedang direnovasi. Renovasi ini akan meliputi peninggian peron, pembangunan bangunan baru elevated seperti Stasiun Tanahabang dan Stasiun Palmerah, serta pembongkaran sepur belok karena tidak pernah dipakai lagi.
Daftar isi
Sejarah
Stasiun Kebayoran sudah berdiri sejak akhir abad ke-18. Stasiun ini adalah salah satu destinasi pada jalan kereta lintas barat (Westerlijnen) yang telah mencapai 841 Km pada akhir 1901. Dalam lintas Westerlijnen terdapat dua jalur berbeda ke arah wilayah Banten, yaitu jalan kereta dari Batavia ke Anyer Kidoel sepanjang 151 Km dan jalan kereta dari Doeri ke Tangerang sepanjang 19 Km. Stasiun Kebayoran terletak dalamjalan kereta Batavia ke Anyerkidoel yang kemudian diteruskan hingga mencapai pelabuhan ikan, Laboean (1906) dan jalan kereta Cilegon- Merak (1914). Sejak saat itu mulai diberangkatkan pelayaran feri oleh KPM dari Merak menuju pantai timur Sumatra Selatan.Dengan demikian Stasiun Kebayoran adalah pintu keluar dari wilayah Jakarta menuju Banten dan Sumatera.
Hingga beberapa saat pada awal abad ke-19 wilayah Kebayoran belum menjadi bagian dari pemerintahan Batavia. Wilayah pinggiran ini adalah pemasok sayur-mayur dan buah-buahan seperti rambutan, duku, mangga, manggis, kecapi, nangka, durian, dan cempedak.Sebelum beroperasinya kereta, tidak ada jalan raya menuju Kebayoran yang dapat dilalui dengan mudah oleh sado atau gerobak berkuda. Hingga kemudian dengan dibukanya jalan kereta pada lintas ini, Kebayoran mulai terhubung dengan pusat kota Batavia. Demikian pula wilayah Banten yang tadinya cukup tertinggal mulai mendapatkan hubungan transportasi yang membuka peluang bagi kemajuan perdagangan. Mulanya lintasan itu dioperasikan oleh Batavia Oosterspoorweg (BOS) dan kemudian diambil alih oleh Staatspoorwegen (SS) pada 1900 – 1901.
Kereta api
- KRL Commuter Jabodetabek tujuan Maja dan Tanah Abang.
Angkutan Lainya
- Angkot C01 ke Ciledug (via Ciledug Raya - Cipulir)
- Angkot C05 ke Pondok Aren (via Ciledug Raya - Cipulir - Ulujami - Bintaro Permai)
- Angkot C12 ke Pondok Aren (via Ciledug Raya - Cipulir - Cipadu)
- Angkot D01 ke Ciputat (via Ciputat Raya - Pondok Pinang - Lebak Bulus - UIN)
- KWK S03 ke Pondok Labu (via Ciputat Raya - Pondok Pinang - Lebak Bulus - Fatmawati)
- KWK S06 ke Pondok Aren (via Taman Puring - Cipulir - Ulujami - Bintaro Permai)
- KWK S19 ke Ragunan (via Gandaria - Antasari - Radio Dalam)
- Mikrolet M09 ke Tanah Abang (via Palmerah - Petamburan)
- Mikrolet M09A ke Tanah Abang (via Pos Pengumben - Palmerah - Petamburan)
- Kopaja B86 ke Kota (via Pondok Indah - Kebayoran Lama - Sultan Iskandar Muda - Simprug - Palmerah - Slipi - Grogol - Mangga Dua)
- Kopaja S608 ke Tanah Abang (via Barito - Mayestik - Taman Puring - Kebayoran Lama - Simprug - Palmerah - Slipi - Pejompongan - Mansyur)
- Kopaja S609 ke Meruya Ilir (via Barito - Mayestik - Taman Puring - Kebayoran Lama - Ciledug Raya - Cipulir - Ulujami - Srengseng)
- Metromini S70 ke Joglo (via Barito - Mayestik - Taman Puring - Kebayoran Lama - Simprug - Permata Hijau - Pos Pengumben)
- DAMRI ke Lebak Bulus (via Tol Sediyatmo - Slipi - Simprug - Kebayoran Lama - Sultan Iskandar Muda - Pondok Indah)
- Deborah ke Depok (via Daan Mogot - Green Garden - Panjang - Permata Hijau - Kebayoran Lama - Sultan Iskandar Muda - Pondok Indah - Tol JORR - Lenteng Agung)
- Transjakarta Koridor 8 (Halte Pasar Kebayoran Lama)
Insiden
- Pada tanggal 19 Oktober 1987, terjadi kecelakaan kereta api yang dikenal sebagai Tragedi Bintaro. Peristiwa ini terjadi antara Stasiun Kebayoran dan Stasiun Sudimara. PPKA Stasiun Kebayoran diindikasikan terlibat dalam peristiwa ini.
Stasiun sebelumnya: Stasiun Palmerah |
Stasiun berikutnya: Stasiun Pondok Ranji |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar