Lokomotif BB301
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari BB301)
LOKOMOTIF BB301 | |
---|---|
BB 301 31 berdinas menarik KA Brantas di Stasiun Madiun
|
|
Sumber tenaga: Diesel hidraulik |
|
Perusahaan pembuat: | Fried. Krupp-Krauss-Maffei, Essen, Jerman |
Model: | Krupp-M1500BB |
Tanggal dibuat: | 1964-1970 |
Data teknis | |
Roda | |
Susunan roda AAR: | B-B |
Klasifikasi UIC: | B'B' |
Dimensi | |
Lebar sepur: | 1067 mm |
Diameter roda: | 904 mm |
Panjang: | 11.770 mm |
Lebar: | 2.800 mm |
Tinggi (maksimum): | 3.660 mm |
Jarak antar pivot: | 6.000 mm |
Jarak gandar: | 2.200 mm |
Tinggi alat perangkai: | 760 mm |
Berat | |
Berat kosong: | 48 ton |
Berat siap: | 52 ton |
Berat adhesi: | 52 ton |
Bahan bakar dan kapasitas | |
Jenis bahan bakar: | Solar |
Kapasitas bahan bakar: | 2.000 liter |
Kapasitas pelumas: | 300 liter |
Kapasitas pendingin: | 500 liter |
Kapasitas bak pasir: | 300 liter |
Mesin, motor traksi, dan converter | |
Penggerak utama: | MTU MD 12V 538 TB10 |
Jenis mesin: | 4 langkah, Turbocharger |
Motor traksi: | Voith L 630 r U 2 |
Transmisi dan kinerja | |
Kecepatan maksimum: | 120 km/jam |
Kecepatan minimum kontinu: | 19,5 km/jam |
Daya mesin: | 1.480 hp |
Daya ke generator/converter: | 1.300 hp |
Jari-jari lengkung terkecil: | 80 m |
Lain-lain | |
Rem lokomotif: | Rem udara tekan, rem parkir |
Tipe kompresor: | Knorr VV 450/150-10 |
Informasi kepemilikan | |
Perusahaan pemilik: | PT Kereta Api Indonesia |
Daerah operasi: | Pulau Jawa-Sumatera Utara |
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1.350 hp dengan berat lokomotif sebesar 52 ton. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang atau pun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam. Lokomotif ini bergandar B'B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie yang masing-masing memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.
Lokomotif ini dapat dianggap sebagai "kakak" dari lokomotif BB 304. Hal ini disebabkan karena modelnya yang sama (Krupp-M1500BB) dengan desain kabin masinis yang sangat persis. Hanya saja, sejumlah BB301 tidak memiliki kaca pada pintu masuk kabin masinis serta seluruh BB301 memiliki jaring radiator berbentuk dua persegi panjang yang tegak.
Daftar isi
Penggunaan BB 301[1]
BB 301 telah menjadi penarik utama bagi kereta-kereta api di jalur rel KA utama Pulau Jawa baik lintas Utara (Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya) maupun lintas Selatan (Jakarta-Bandung-Yogyakarta-Surabaya) sehingga menjadi icon Perkeretaapian Indonesia selama 1970-1980-an. Lokomotif ini juga dijumpai di Sumatera Utara untuk mengangkut gerbong ketel berisi BBM atau minyak kelapa sawit pada wilayah Medan-Rantauprapat.
Khusus untuk lokomotif buatan 1964-1965 menggunakan motor Maybach Mercedes-Benz sedangkan untuk tahun 1970 (Krauss-Maffei) menggunakan motor MTU-MD 12V 538 TB10.
Lokomotif ini sempat menjalani repowering (rehab) tahun 1984-1988 untuk memperpanjang masa pakai. Dan saat ini BB301 hanya dipakai sebagai loko pelangsir dan penarik kereta jarak dekat seperti Pandanwangi dan Probowangi. Tugas BB301 kini juga dibantu dengan CC 201.
Keunikan BB 301
Pada saat kelima lokomotif BB 301 ini tiba di Indonesia, tiba-tiba Krupp menginformasikan bahwa calon BB 301 46-50 ini tertukar dengan yang dipesan oleh Indian Railways (IR), perusahaan KA nasional milik Pemerintah India. Karena spesifikasinya berbeda, Krupp bersikeras menukarnya, namun PNKA merasa tidak begitu peduli. Pada akhirnya, pertukaran kedua lokomotif tersebut tetap dilaksanakan. Lokomotif yang seharusnya milik IR ternyata memiliki tulisan petunjuk panel serta buku petunjuk pedoman pemilik berbahasa Indonesia; sedangkan yang seharusnya milik PNKA justru berbahasa Hindi. Pada saat itu pula, calon BB 301 spesifikasi IR dibawa ke India untuk dioperasikan langsung oleh Indian Railways (dan tentunya tidak lagi diberi nomor BB 301) begitu pula sebaliknya.
Lokomotif yang masih memiliki panel berbahasa Hindi ini memiliki spesifikasi sesuai pesanan PNKA. Lokomotif tersebut kemudian diboyong ke Balai Yasa Yogyakarta untuk diganti dengan yang berbahasa Indonesia, dan karena BB 301 46-50 masuk daftar historis inventaris lokomotif Indonesia saat itu, maka nomor lokomotif ini dinomori BB 301 51-55 (nomor 46-50 diloncati).[2][3]
Alokasi BB 301
Di Indonesia, terdapat 50 unit lokomotif BB 301 (perlu dicatat bahwa BB301 46-50 sudah milik Indian Railways), namun banyak di antaranya yang sudah tidak beroperasi karena ada yang mengalami rusak berat dan ada pula yang sudah uzur termakan usia. Lokomotif ini terdapat di beberapa depot lokomotif, antara lain sebagai berikut.Depot induk | Lokomotif |
---|---|
Tanah Abang (THB) | Tidak ada alokasi |
Bandung (BD) | BB 301 17 (BB 301 65 04) dan BB 301 24 (BB 301 65 06) |
Madiun (MN) | BB 301 25 (BB 301 65 07) |
Sidotopo (SDT) | BB 301 09, BB 301 11 |
Medan (MDN) | Tidak ada alokasi |
Jember (JR) | BB 301 28 (BB 301 65 09) dan BB 301 35 (BB 301 65 10) |
Keterangan:
- Tidak semua lokomotif menggunakan penomoran sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Perhubungan RI No. KM 45 tahun 2010.
- Lokomotif BB 301 51-55 memiliki kaca di pintu samping kabin masinis seperti lokomotif BB 304
- Lokomotif BB 301 46-50 tidak dibuat dan dibuat sebagai "celah penomoran" antara kedua model lokomotif tersebut. Hal ini disebabkan karena BB301 46-50 sudah dimiliki oleh Indian Railways (IR).
- BB301 25 dikhususkan untuk langsir kereta api ketel minyak dari Depo Pertamina Madiun ke stasiun Madiun atau sebaliknya. Lokomotif ini kini berlogo dan livery PJKA dari sebelumnya livery PT KA putih.[4]
- BB 301 17, 24, dan 35 menggunakan livery terbaru PT KAI.
Data teknis[5]
- Dimensi
- Lebar sepur : 1.067 mm
- Panjang body: 11.770 mm
- Jarak antara alat perangkai: 13.380 mm
- Lebar body: 2.800 mm
- Tinggi maksimum: 3.660 mm
- Jarak gandar: 2.200 mm
- Jarak antar pivot: 6.000 mm
- Diameter roda penggerak: 904 mm
- Tinggi alat perangkai: 760 mm
- Berat
- Berat kosong: 48 ton
- Berat siap: 52 ton
- Berat adhesi: 52 ton
- Motor Diesel
- Tipe: MTU-MD 12V 538 TB10
- Jenis: 4 langkah, turbocharger
- Daya Mesin: 1.480 hp
- Daya ke generator/converter: 1.300 hp
- Motor Traksi/Converter
- Jumlah motor traksi: 1 buah
- Tipe motor: Voith L630 rU2
- Performansi
- Kecepatan maksimum: 120 km/jam
- Gaya tarik maksimum (adhesi): 10.920 kgf
- Kecepatan minimum kontinu: 19,5 km/jam
- Jari-jari lengkung terkecil: 80 m
- Kapasitas
- Bahan bakar: 2000 liter
- Minyak pelumas: 300 liter
- Air pendingin: 500 liter
- Pasir: 300 liter
- Minyak transmisi: 300 liter
- Lain-lain
- Sistem rem: udara tekan, rem parkir
- Tipe kompresor: Knorr VV 450/150-10
Lihat pula
Referensi
- ^ Indonesian Heritage Railway: Lokomotif BB301
- ^ Seri 51-55
- ^ BB 301
- ^ a b Majalah KA Edisi September 2014
- ^ Tim Redaksi Majalah KA. 2007. Album Lokomotif dan KRL. Depok: PT Ilalang Sakti Komunikasi.
Pranala luar
Wikimedia Commons memiliki kategori mengenai Lokomotif BB301 |
- (Indonesia) Alokasi Lokomotif PT. KAI di Indonesia Saat Ini
- (Indonesia) Situs web resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar