
Selamat pagi sobat semua dan Salam Spoor...!!! Minggu-minggu ini memang
sedang sering dilakukan uji coba lokomotif terbaru CC206. Oleh karena
itu pulalah, yang menjadikan saya semakin rajin untuk datang ke Balai
Yasa setiap paginya. Bisa jadi dalam 4 hari terakhir ini setiap pagi
hari, sepulangnya dari warrnet saya sempatkan untuk hanya sekedar
melintas di depan Balai Yasa, berharap dapat melihat atau terdapat
lokomotif yang sedang melakukan uji coba. Hari itu tepatnya pada hari
Sabut kemarin, tanggal 5 September 2015 saya juga menyempatkan diri
untuk melihat sekitar Balai yasa Pengok, namun sayang ternyata pada hari
Sabtu tidak ada lokomotif yang keluar dari Balai Yasa dan semuanya
berada di dalam komplek Balai Yasa. Hal tersebut saya ketahui setelah
sya melihat pintu pagar putih yang biasanya berfungsi sebagai palang
pintu di sisi Barat BY tidak menutupi jalan. Tanda bahwa tidak akan ada
uji coba lokomotif di hari itu.
Langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah
melihat jalur langsiran yang berada di sisi barat belakang BY. Jalur itu
sama seperti jalur yang ad diepan BY, namun fungsinya hanya sebagai
jalur langsir. Seiap kali ada kereta yang dilangsir maka pintu gerbang
BY bagian belakang tersebut akan terbuka. hal tersebut dikarenakan wesel
langsuir berada mepet dengan pintu gerbang BY, sehingga mau tidak mau
saaat akan melangsir kereta, petugas akan membuka gerbang tersebut. Dari
lokasi tersebut saya melihat bahwa pintu BY terbuka, tanda akan adanya
kereta yang dilangsir. Benar saya sobat, saya melihat lokomotif jenis
D30144 yang saat itu sepertinya sedang sibuk melangsir.

Di lokasi juga terdapat petugas keamanan yang membawa HT dan
bertugas memindah tuas wesel untuk langsiran lokomtoif tersebut. Sayapun
mencoba bnertanya kepata petugas tersebut dan membenarkan bahwa hari
Sabtui tidak dilakukan uji coba lokomotif baru. Maka sayapun hanya
berburu lokomotif langsiran yang ada di tempat tersebut. Langsiran itu
sendiri terlihat beberapa kali keluar masuk mulai dari melangsir
lokomotif CC201 yang sedang menjalani perawatan, hingga langsirean
lokomotif CC206 Batch 2 15 01 dan dua kereta makan pembangkit miliki
Majapahit dan KMP 3 miliki dipo Sidotopo.
Jika melihat dari lembar kertas yang tertempel pada badan kereta, saya
membaca kedua kereta pembangkit tersebut mengalami kerusakan pada
gensetnya, dan harus menjalani perbaikan over haul, nah kalau sobat
masih penasar tentang bagaimana lokomotif langsiran tersebut, berikut
saya sertakan penampakan beberapa dokumentasinya. Selamat Menikmati:
Nah spobat, jangan lupa untuk terus mengikuti DIpo Lokomotif
Mojosariu ya, semoga postingan ini bermanfaat dan Jaya Selalu Kereta Api
Indonesia...!!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar